Prakata pendidikan yang patut ditiru dalam acara pelepasan SD Islam Alhusna Rangkasbitung.

Ada 3 komponen proyeksi Pendidikan pada abad ke-21. Pertama, Karakter atau akhlak. karakter ini sangat penting dan harus menjadi pondasi bagi komponen yang lain, karena hal ini sangat diakui oleh masyarakat dunia, bukan di Indonesia saja. Karakter terbagi dua, yakni karakter moral dan karakter kinerja. Karakter moral seperti; jujur, santun, iman, takwa, dll. Sedangkan karakter kinerja seperti; ulet, kerja keras, pantang menyerah, dll. Kedua karakter ini harus berbanding lurus dan bersinergi. Sebab akan pincang bila salah satunya tidak dimiliki. Kita tidak menginginkan memiliki generasi yang punya karakter jujur tapi malas, ia kerja keras tapi culas, atau ia terampil dalam teknologi tapi hanya untuk memanipulasi.
Kedua, Kopetensi. Ada 5 kompetensi yang harus dimiliki untuk menyiapkan generasi pada abad ke-21, yaitu insan yang berpikir kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif dan kompetitif.
Ketiga, Literasi – daya baca. Literasi baca, literasi budaya, literasi teknologi dan literasi keuangan. Dewasa ini masyarakat Indonesia minat literasinya tinggi tapi daya literasinya kurang. Contoh dalam literasi baca, kemampuan membaca fecebook atau WA kuat berjam-jam tapi tidak tahan lama untuk baca buku. Hal ini artinya minat bacanya tinggi tapi daya bacanya kurang.

SD Islam Al-Husna Rangkasbitung memberikan “one step for the brightness future”, langkah awal menuju masa depan yang gemilang, yakni menyiapkan generasi yang siap menghadapi tantangan hidup pada abad ke-21. Sesuai dengan Visinya “Unggul dalam prestasi, ibadah dan Akhlakul Karimah”, SD Islam Al-Husna memiliki program strategis.
Program strategis pertama sebagai proyeksi terhadap komponen Karakter/Akhlak. Untuk membentuk karakter moral kita melakukan pembiasaan baca do’a, asmaul husna, tahfid, sholat duha, dzuhur dan asar berjamaan setiap hari, bahkan ditunjang dengan kegiatan mingguan berupa pembacaan kisah-kisah teladan dan dzikir bersama ala tradisi NU, sebab hanya dengan dzikir hati kita menjadi tenang.
Sementara untuk membentuk karakter kinerja kita bikin program 23 jenis eskul dan permainan melalui dinamika kelompok untuk membentuk karakter-karakter yang ulet, gigih, kerja keras, kerja sama, dll.
Sementara program strategis untuk mengejar komponen kompetensi siswa dibentuk dengan diskusi, kerja kelompok baik dalam kelas ataupun dalam kegiatan ekstrakulikuler, agar siswa tumbuh berkembang menjadi insan yang kritis dalam kelompoknya, kreatif untuk menciptakan karya-karya, mampu berkomunikasi dan kolaboratif/kerja sama dengan kelompoknya. Dan tak kalah pentig mereka bisa berkompetisi dalam kebaikan.
Yang terakhir program strategis dalam literasi/daya baca. Untuk literasi baca SD Islam Al-Husna memiliki sarana perpustakaan baik tersendiri atau perpustakaan kelas, program baca 2 jam pelajaran setiap hari, dan memiliki sarana lab computer dan ruang multimedia untuk menunjang literasi teknologi.
Untuk evaluasi hasil ketercapaia program kita evaluasi secara berkala, bukan saja melalui laporan evaluasi melalui laporan persemester berupa rapot siswa. Kita juga menggunakan indicator keberhasilan melaui ketercapaian prestasi siswa di setiap tahun ajaran.
Kami merasa bangga di tahun ajaran 2018/2019 ini, selain kita memiliki 153 lulusan yang terbaik, juga mengalami kenaikan prestasi dari tahun-tahun sebelumnya. Ada kurang lebih 40 jenis prestasi siswa yang diraih pada tahun ajaran ini baik di bidang akademik maupun non akademik dari berbagai event lomba yang kita ikuti baik dari kedinasan maupun di luar kedinasan. Diantara prestasi itu adalah
Ainy Jihan Shafira kls 6A meraih Juara 1 Siswa Berprestasi Kab. Lebak tahun 2018
M. Nafis Fallas kls 6B meraih Juara Harapan 1 KSNR (Kompetisi Saint Nalaria Realistik) tingkat Nasional tahun 2019
Nayla Zulfa Azzahra kls 5A sebagai Finals KSNR (Kompetisi Saint Nalaria Realistik) tingkat Nasional tahun 2019
Naomi Emira Raihana kls 5C sebagai Finals KMNR (Kompetisi Matamatik Nalaria Realistik) tingkat Nasional tahun2019
Ramania Mumtaz kls 5A meraih Juara 1 Renang gaya punggung O2SN Kab. Lebak tahun 2019
Isyrofa Dalilatul Millah kls 4C meraih Juara 1 MTQ Kec. Rangkasbitung tahun 2019
Shabrina Fathaniah Holis kls 6C Juara 2 Bulutangkis HUT kab. Lebak 2018

Indra Budiman, S.Sos.I
Kepsek SD Islam Al-Husna Rangkasbitung

Satu tanggapan untuk “Prakata pendidikan yang patut ditiru dalam acara pelepasan SD Islam Alhusna Rangkasbitung.

  • 01/05/2019 pada 10:57
    Permalink

    Alhamdulillah. Semoga Terus berada di jalur kesuksesan untuk SD Islam Al-Husna Rangkasbitung. :*

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *