Adjidarma Institut Gelar Diskusi Kesejaharan, Ini Waktu dan Poin Pembahasannya.

Sejarah rakyat Indonesia adalah sejarah ketertindasan. Gelora reformasi yang terjadi sekarang, telah melupakan hakikat ketertindasan karena seolah-olah setelah kita mendapatkan kebebadan politik atau demokrasi politik, maka ketertindasan struktural berupa kesengsaraan dan kebodohan pun tidaj terjadi lagi. Dengan kebebasan politik itu, seolah-olah rakyat pastilah akan mencapai kebahagiaan. (George McTurnan, 1995 : 5)

Revolusi adalah penggulingan kekuasaan pemerintah yang sah serta penghapudan konstitusi pemerintah oleh kelas sosialis yang bertujuan mengubah struktur sosial masyarakat. (Prof. Dr. Herberth Marcuse, Guru Besar Universitas Harvard)

Untuk kembali merefleksikan arah dan rangkaian kita sebagai warga negara yang progresif, maka kami mengundang ke semua unsur untuk dapat berjumpa sapa dalam diskusi rutin Rabu Berdialektika.

Dalam momentum kali ini, karna kami percaya bahwa filosofi harus di letakan di dalam hal yang paling mendasar maka kami mengangkat tema Besar “DISKURSUS SEJARAH KETERTINDASAN MASYARAKAT INDONESIA ; Sejarah Indonesia”

Ada pun sub materi sebagai berikut :
Prasejarah – Era Sebelum Penjajahan – Sejarah Awal – Kerajaan Hindu Buddha – Kerajaan Islam – Era Penjajahan – Penjajahan Portugis – Penjajahan Syarikat Hindia Timur Belanda – Penjajahan Belanda – Gerakan Nasionalisme – Perang Dunia II – Pendudukan Jepang – Era Kemerdekaan – Persiapan Kemerdekaan – Perang Kemerdekaan INDONESIA ; ERA 1945/1949 – Teks Proklamasi – Demokrasi Parlementer – Demokrasi Terpimpin – Konfrontasi Indonesia-Malaysia – Irian Barat – Gerakan 30 September – Era Orde Baru – Irian Jaya – Timor Timur – Krisis Ekonomi – Era Reformasi – Pemerintahan Habibie – Pemerintahan Wahid – Pemerintahan Megawati – Pemerintahan SBY – Pemerintahan Jokowi.

Adapun setiap rangkaian diskusi ini akan di pandu oleh Saudara Hasan Sadili M. Hum sebagai pemantik diskusi.

Untuk semua teman-teman yang ingin mendapatkan Hand Out Materi diskusi di Hari Kamis, Tanggal 2 Mei 2019 yang bertempatkan di Museum Multatuli, silahkan Chat Person 🤟

Mari kita Refleksi Sejarah Ketertindasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *